Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Informasi Produk atau Kegiatan Anda

Biologi STKIP PGRI Sumbar Persiapkan Dosen Pembimbing PKM menuju Pimnas 2017

Written By Rizki on 23 Agustus 2016 | 18.14

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untukmeningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi dilingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM. 

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untukmengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat lulus 3 tim penelitian yang dibiayai oleh dikti. dari 3 tim tersebut satu tim diantaranya lulus menuju pimnas ke 29 di Institut Pertanian Bogor. Tim PKMPE ini dengan ketua Sri Wahyuni angkatan 2013 yang dibimbing ibu Febriyanti, M.Pd. Tema yang diangkatkan dalam penelitianya adalah tentang pakan lebah.

Melaju ke Pimnas merupakan pengalaman pertama bagi STKIP PGRI Sumatera Barat,  dukungan dari Pimpinan Prodi, pimpinan institusi dan semua pihak yang telah membantu, tim Pimnas diantaranya peserta, dosen pendamping dan pimpinan institusi berangkat ke Bogor untuk unjuk kebolehan, bersaing dan bersanding dengan tim-tim lainnya dari 145 kampus di Indonesia. capaian melaju ke Pimnas ini merupakan sebuah prestasi bagi STKIP PGRI Sumatera Barat, untuk itu Pimpinan Prodi beserta staf dosen mempersiapkan diri untuk mempertahankan prestasi tersebut dan perlu diadakan pelatihan untuk dosen pembimbing Program Kreatifitas Mahasiswa Menuju Pimnas 2017. sharing dan pelatihan ini diikuti oleh semua dosen program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. sharing dimulai dengan pemaparan tentang PIMNAS oleh ibu Meliya Wati, M.Si. yang mendampingi mahasiswa bersama wakil ketua II bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama Bapak Jarudin, M.A., Ph.D. 

Pendamping Pimnas ibu Meliya Wati, M.Si merupakan dosen pembimbing PKM yang selalu membawa mahasiswanya lolos PKM dari dikti semenjak 2014 sampai sekarang. Buk mel juga menyampaikan bagaimana kiat-kita untuk dapat membimbing mahasiswa agar lolos Program Kreatifitas Mahasiswa tersebut. diakhir kegiatan dosen-dosen program studi Pendidikan Biologi dibagi menjadi beberapa sub kelompok tema penelitian dan pengabdian, dan setelah ini diharapkan setiap mahasiswa yang ingin mengusulkan proposal PKM dapat dengan mudah menentukan siapa dosen yang akan membimbing mereka sesuai dengan topik yang mereka usulkan (www.rizkibio.com)

Informasi

loading...

Arsip Berita