Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Informasi Produk atau Kegiatan Anda

Festival Anak Nagari Nanggalo, Padang Sumatera Barat

Written By Rizki on 11 Desember 2016 | 02.07

PADANG-Kampung Pagang Dalam, Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo biasanya sepi-sepi saja. Namun, hari ini (Sabtu, 10/12), kampung sepi itu sejak pagi sudah diramaikan orang memasak lamang,  menampi beras dan mengukur kelapa ala tradisional. 



Tidak tanggung-tanggung , kemeriahan semakin terasa ketika Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra,  Camat Nanggalo Teddy Antonius,  Ketua Karang Taruna Nanggalo dan Ketua KNPI serta tokoh masyarakat ikut lomba menampi beras dan mengukur kelapa. Suasana dimeriahkan juga dengan iringan musik yang membuat semua peserta turut menari. 

Wahyu Iramana Putra menyebut kegiatan ini sebagai ajang menciotakan harmonisasi dan menjalin komunikasi antar elemen masyarakat. Dimana harmonisasi dan komunikasi yang baik akan menjadi modal dalam pembangunan. 

"Harmonisasi penting diciptakan karena program pemerintah yang bagus tidak akan berhasil tanpa dukungan warga yang kompak dan harmonis, "kata politisi Partai Golkar itu dalam sambutannya. 

Ia mengapresiasi tokoh pemuda setempat yang telah memprakarsai diadakannya festival tersebut. Tanpa prakarsa pemuda yang didukung camat dan lurah serta elemen masyarakat lainnya,  Kampung Pagang Dalam tidak akan seramai sekarang. 

Senada,  Camat Teddy Antonius memaparkan peran pemuda yang tergabung di KNPI dan Karang Taruna. Ia menyebut Muhammad Firmansyah, seorang pemuda asal Kampung Pagang Dalam yang gigih membangkitkan semangat warga untuk memajukan wilayah yang dulunya bisa dikatakan terisolir karena minimnya infrastruktur dan akses jalan. 

"Hari ini bisa dilihat,  akses jalan dan jembatan ke Pagang Dalam sudah layak sebagaimana harapan masyarakat terhadap pemerintah. Saudara Firman sudah gigih menyuarakan ini lewat anggota legislatif maupun Pemko, "ujarnya. 

Sementara itu,  Muhammad Firmansyah selaku panitia pelaksana mengatakan,  apa yang diperbuatnya adalah untuk kemajuan masyarakat Nanggalo,  khususnya Kurao Pagang. Ia hanya berbuat sesuai dengan kemampuannya sambil membangkitkan kesadaran warga untuk menjaga persatuan dan mendukung pembangunan. 

"Semua sesuai kemampuan saya yang didukung oleh warga untuk pembangunan dan kemajuan bersama, "kata pemuda jebolan Pondok Pesantren Gontor itu.

Adapun kegiatan Festival Anak Nagari Nanggalo,  dijelaskan Firman, dilaksanakan atas partisipasi berbagai pihak. Partisipasi berupa sumbangan hadiah datang dari Walikota Padang Mahyeldi, Wakil Walikota Emzalmi, Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra, anggota DPRD Padang Faisal Nasir dan Camat Nanggalo serta beberapa produsen. Hadiah yang diaediakan berupa uang tunai, sebesar Rp1,5 juta untuk juara I,  Rp1 juta untuk juara II dan Rp500 ribu untuk Juara III. Disamping itu,  hadiah doorprize berupa TV, kulkas, mesin cuci dan hadiah lainnya juga disediakan panitia. 

"Acara berlangsung hari ini (Sabtu)  dan besok (Minggu),"tukuknya.

Minggu (11/12) akan dilaksanakan lomba gerak jalan antar kelurahan yangbakan dilepas Walikota Padang di lapangan badminton Pagang Dalam.

Sumber: Humas dan Protikol Kota Padang

Informasi

loading...

Arsip Berita